REALITAS SOSIAL













REALITAS SOSIAL

Gambar di atas merupakan realitas social di Indonesia menurut laju perubahannya, yaitu masyarakat modern dan masyarakat tradisional.

Masyarakat tradisional adalah masyarakat yang masih banyak dikuasai oleh adat istiadat lama. Masyarakat tradisional umumnya hidup di daerah pedesaan sehingga umumnya disebut juga sebagai masyarakat desa. Ciri yang paling pokok dalam kehiduapan masyarakat tradisional adalah keteragantungan terhadap lingkungan alam sekitarnya. Penyesuaian terhadap alam sangat mempengayruhi struktur kemasyarakatan, adat istiadat, fungsi social dan corak kehidupan lainnya. System mata pencahariaan dalam masyarakat tradisional umumnya bertumpu pada pemanfaatan sumber daya alam yaitu system pertanian.
 

Masyarakat modern adalah masyarakat yang sebagian besar warganya memunyai orientasi nilai budaya yang terarah ke kehidupan dalam peraadaban masa kini. Masyarakat modern telah bebas dari kekuasaan adat istiadat lama. Masyarakat modern umumnya telah tinggal di daerah perkotaan sehingga disebut juga masyarakat kota. Masyarakat kota biasanya hidup dari sektor industry, dan sector jasa.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About

Blogger news

Blogroll